Hadiri Wisuda di IPDN Jatinangor Bandung

Image: 
wisuda ipdn

Topiknugroho.com- Sebenarnya kemarin pas sekali waktunya dengan liburan ane di jogja dengan wisuda adik di akhir bulan juli. Rencana wisuda yang jatuh di awal bulan Agustus harus dimajukan karena memang jadwal wisuda IPDN ini ditentukan langsung dengan waktu luang presiden untuk memberikan sambutan-sambutan singkat terkait dengan di wisudanya 1500 wisudawan Diploma IV, Sarjana Strata Satu, Dua dan Doktoral. Jadi untuk beli tiket kereta apipun harus mendadak di hari yang telah ditentukan.

Berangkat dari kota jogja menuju Stasiun Kiaracondong sore hari, tetiba di Bandung sekitar pukul 12 malam. Tidak ada teman yang bisa ditumpangi. Dan ane harus bermalam lage di stasiun akhirnya. Namun, ketika ane berada di mushola dan istirahat sebentar di dalam, ternyata pak satpamnya menyuruh untuk keluar sebentar hingga kereta api yang ditunggu untuk jadwal pemberangkatan pukul 3 dini hari untuk kereta api yang paling awal menuju stasiun rancaekek.

Dari stasiun kiaracondong menuju rancaekek harus memakan waktu sekitar 45 menit, sesampai disana belum ada angkot menuju jatinangor, dan harus menunggu sampai jam 5, tukang ojekpun datang menghampiri kalau mau diantar harus bayar 20 ribu. Ya, sudahlah kalau begitu. Ane mau diantar ke pondok sukapura di daerah alfamart depan kampus ikopin. Setelah sampai disana langsung ketemu dengan kedua orang tua yang baru saja sampai sana. 
Untuk angkot yang menuju ke cileunyi, dah ada jam 4 an tapi kalau mau ke IPDN harus ganti angkot lagi dan turunnya juga di pasar cileunyi. Menuju ke pertigaan dan cari lagi angkot untuk menuju ke sana. Ane hampir tidak percaya kalau di Jatinangor banyak sekali tempat kost yang kosong. Di jogja yang notabene dikenal sebagai kota pelajar, banyak sekali tempat kost di jogja yang penuh. Di pondok sukapura yang ane tinggali selama seminggu itu masih tersisa banyak kamar yang kosong, padahal disana banyak sekali tempat kost.  Jatinangor ini memiliki banyak kampus selain dari IPDN, ada Universitas Padjajaran (UNPAD), dan Institut Teknologi Bandung.

undangan wisuda IPDN.jpg

Untuk menghadiri wisuda di IPDN, tidak sembarang orang bisa masuk, karena memang harus ada surat undangan yang di scan barcodenya kemudian undangannya di sobek. Sehingga pengamanan masuk di kampus benar-benar orang yang memiliki undangan yang dapat masuk. Presiden Joko widodo di dampingin dengan bu irene hadir di lapangan tempat wisuda tersebut sebagai pelantikan terakhir bagi para praja muda.

Berbagai pertunjukan, tarian nusantara, marching band dan berbagai pertunjukan lainnya dipertontonkan kepada para tamu undangan. Acara dimulai tepat jam 8 dan berakhir pada jam 11 sebelum sholat Jum'at di mulai sehingga para tamu undangan dapat melaksanakan Sholat Jumat bagi yang beragama Islam. Habis selesai agenda wisuda, kami sekeluarga berencana untuk wisata ke lembang.

Simak ulasan lengkap ane soal wisata ke lembang......

field_categories: