Kulineran di Warung Sate Kelinci Mbah Ganis Jogja

sate kelinci jogja

topiknugroho.com - Sudah lama sekali saya ingin mencicipi rasanya daging kelinci, namun ketika melihat sayatan daging kelinci tersebut, tidak tega rasanya untuk memakannya. Namun, kali ini berbeda dengan yang saya alami waktu dulu yang tidak tegaan memakan binatang lucu seperti kelinci. Karena penasaran saya, terhadap rasa dari daging kelinci, maka saya berantusias untuk mencari kulineran warung sate yang menyajikan binatang kelinci.

Tepatnya berada di daerah lereng gunung merapi "wisata kaliurang" yang berada di kawasan telaga putri. Ada salah satu warung yang menyajikan tempat nongkrong dengan menu khas kaliurang yaitu aneka masakan kelinci, mulai dari sate joos kelinci, sate kelinci biasa, tongseng kelinci dan aneka masakan kelinci lainnya. Warung Sate kelinci ini bernama Warung Sate Kelinci Mbah Ganis Kaliurang, Jogja

warung-sate-kelinci-malam-hari

Nah, pas banget disantap ketika malam hari, dengan kondisi cuaca kaliurang yang ekstream  dingin ditambah dengan nikmatnya sate kelinci Mbah Ganis. Sebelum sampai di warung sate tersebut memang cuaca masih mendukung, hujan belum turun. Akan tetapi pas waktu nunggu masakan satenya, hujan turun sangat lebat. Jadi deh, makan malam ditempat yang dingin disertai hujan ditambah nikmatnya kuliner sate kelinci.

Pengunjung sate mbah ganis nampak ramai, walaupun dapat nomer meja ke 14 dengan kondisi yang ramai pengunjung di malam hari, saya betah untuk menunggunya sampai sejam lebih,  desain warung makannyapun asik seperti tempat nongkrong cafe-cafe jogja yang terkenal. Melihat warung makan yang enak di pandang dengan sedikit ditambah suasana romantis itulah yang menjadi keunggulan warung sate kelinci mbah ganis buka sampai larut malam.

warung-makan-desain-cafe

kuliner-sate-kelinci

Sambil menunggu masakannya diantar ke meja. Saya mengambil beberapa foto untuk dimasukkan ke blog pribadi, karena ini pertama kalinya, saya  mencicipi olahan kuliner daging kelinci khas kaliurang selain dari jadah tempe. jepret... jeprett .. jeprett dan kayaknya sudah cukup ya. Karena kelamaan nunggu dan nasi sate kelinci belum sempat dibuat, ingin rasanya membungkus sate tersebut untuk dimakan di rumah, hal itu disebebakan oleh sms yang berdering, kalau anak saya mulai rewel, tapi tanggung amat, soalnya si pelayan warung sudah melihat meja kami dan pertanda satenya mulai dibawa ke meja.menu-makanan-warung-makan-mbah-ganis

Alhamdulilah, penantian yang sangat panjang membuahkan hasil juga. Jreng............................... Nasi Sate sudah datang ke meja no 14, tapi kok satenya dipisahin sama kecapnya, biasanya kalau bakar sate itu dikasih kecap. ternyata yang ini beda karena pesan satenya namanyapun juga beda. Bukan sate biasa, rasa sahangnya sampaimerasuk ke tulang-tulang hangatnya. Memang enak, cocok dilidah, karena tidak ada bau prengus seperti sate kambing. Rasanyapun juga pas ditambah dagingnya yang terasa lembut kayak daging ayam.

Ternyata gini toh rasanya, enaknya masakan kuliner daging kelinci meskipun malam , namun bukit turgo yang menyelimuti warung sate kelinci tersebut masih terlihat samar-samar dari kejauhan mata memandang. Selain menjadi salah satu ikon kuliner Kaliurang sate kelinci ini juga bisa anda dapatkan di komplek kawasan wisata tlogo putri kaliurang, tapi yang cukup terkenal yaitu warung makan Mbah Ganis.

Nah, bagi anda yang tidak suka sate ada juga menu masakan ayam dan lainnya namun yang khas disana itu ya satenya, ada juga msakan tongseng kelinci, gulai kelinci sampai dibikin tengkleng kelinci juga ada dengan harga rata-rata 15 ribuan. Sate kelinci yang saya makan harganya 15 ribu seporsi yang dilengkapi dengan irisan kubis, tomat, bawang merah, lombok merah disertai dengan kecap dan sambalnya. Namun, menu masakan andalah dari Mbah Ganis adalah tongseng Kopyoknya, lain kali deh saya mampir lagi pesan seporsi tonseng kopyoknya

Jika anda sebagai pecinta kuliner kayak saya, boleh coba kok menu andalah mbah ganis, tongseng koypoknya ataupunsate kelinci yang setiap hari dibuka mulai puku 8 pagi sampai dengan jam 2 malam dini hari. Nah, anda juga bisa menikmati wisata tlogo putri kaliurang

field_categories: