Warung Pak Lanjar Tempat Kulineran Jogja Khas Masakan Jawa

Topiknugroho.com - Menikmati masakan bukan hanya di rumah saja dengan memasak masakan sendiri. Adakalanya harus mencicipi masakan orang lain terutama di tempat-tempat kuliner yang tepat, menyajikan berbagai menu khas masakan jawa. Tak bisa dipungkiri, saya sebagai orang jawa sangat menyukai menu masakan jawa, baik itu oseng kangkung, rica-rica ayam, mie godog, nasi goreng, soto, capcay dan lain-lain.

Warung Pak Lanjar

Meskipun saya sudah bisa masak menu masakan jawa, saya juga kerap kali mengunjungi beberapa tempat kuliner khas masakan jawa di Jogja, salah satunya di Warung Pak Lanjar. Melihat kondisi yang nyaman tradisional dengan desain tempat yang dipakai rumah jawa, sekaligus berada di tepat diperkampungan dekat sawah membuat angin yang masuk ke dalam warung membuat suasana tenggelam romantis, yang sangat cocok sekali bagi orang yang sedang memadu kasih. Langit-langit khas Rumah Jawa menambah keeksotisan warung makan ini, ditambah dengan sajian menu khas masakan jawa. Inilah beberapa menu yang dihidangkan di Warung Makan Pak Lanjar

Menu Masakan Jawa Pak Lanjar

Bisa dilihat diatas harga Menu yang disediakan untuk beberapa menu dibandrol dengan harga 12.500 dan untuk menu yang mahal ada pada Rica-Rica ayam yang dibandrol mencapai 15 ribu, bayangkan saja jika anda makan di hotel, harganya pasti lebih dari yang tertera di daftar menu masakan diatas, Pak lanjar ini adalah salah satu mastershief di hotel Internasional, bayangkan saja kalau kita makan di hotel pasti anda akan merogoh kocek yang lumayan besar. Jika uang anda pas-pasan mau makan masakan hotel bisa memesan di Warung Jawa Pak lanjar.

Untuk menuju ke warung Pak Lanjar ini  anda harus membutuhkan waktu 30 menit dari pusat keramaian kota, tahukah anda jalan monumen jogja kembal (monjali) dari monjali anda bisa lurus ke utara ketemulah Jalan Palagan Tentara Pelajar, lalu melewati sebuah ringroad utara, setelah itu anda akan ketemu dekan Hotel Hayt dari hotel lurus keutara untuk jalan utama hingga ada sebuah tinkungan, dari tikungan pertigaan itu ada yang kesebelah utara dan ada yang ke sebelah barat, anda ambil tikungan ke sebelah baratnya beberapa ratus meter dari situ ada plank besar bernama Warung Pak Lanjar ke utara dikit maka anda akan ketemu bangunan seperti dibawah ini di  sebelah kanan.

Warung Makan Sederhana

Dari segi situasi dan kondisi sangat cocok bagi orang yang suka nongkrong bersama keluarga, terutama untuk masyarakat Sleman, karena terletak dilingkungan perkampungan jawa yang cocok dengan lidah orang jawa. Selain disajikan menu masakan Khas Jawa, anda juga bisa menikmati ruang terbuka lebar yang cocok ketika dinikmati sore hari, juga tersedia tempat untuk karoke untuk menunggu masakan selesai diolah, Olahan masakan tidak secara cepat saji, namun mereka memberikan kepuasan terhadap pelanggan dengan menyajikannya secara hangat, dalam keadaan masih segar sehingga nikmat untuk disantap.

Anda bisa duduk berbincang-bincang, ngobrol ngalor ngidul kepada teman, kalau saya sih kemarin bisa pacaran LDR ditemani dengan angin yang sepoi-sepoi dan nyaman sambil menikmati hidangan tersaji, ada juga yang menikmatinya dengan karaoke yang telah tersedia bagi setiap pengunjung yang datang. Sambil menunggu masakan siap disajikan dan disantap, teman saya  mencoba menyanyikan lagu Iwan Falsh:

Desain Tempat Karaoke Terbuka

Sementara saya asyik dengan handphone, sedang berkomunikasi di tempat ruangan lesehan yang begitu besar, Tempat lesehan ini sangat cocok untuk berbagai acara seperti meeting, untuk kapasitas lesehan yang cukup besar ataupun anda bisa menggunaka tempat lesehan ini untuk seminar, kami sebagai anggota blogger jogja memberikan apresiasi kepada pemiliknya yang mana komunitas blogger jogja dapat menggunakan tempat tersebut secara gratis dengan fasilitas projectornya, sungguh istimewa jika teman-teman ingin mengadakan seminar blogging ataupun lainnya dan inilah tempat lesehannya, namun untuk masakannya tetep bayar loh ya..

Lesehan Warung Makan Jawa

Bagi yang datangnya cuma berdua ataupun bertiga di waktu sore hari, bisa menikmati alam sekitar, sekaligus bisa menikmati pemandangan sawah, semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi bersama pacar ataupun orang-orang terdekat anda saat ini dengan konsep ruang terbuka hijau ditengah persawahan menuju ke kampung.

Desain meja makan ruang terbuka.

Bagi yang beragama muslim tetap disediakan  tempat ibadah untuk yang beragama islam yang terbuat dari kayu dan bambu, bisa dipakai berlima ataupun hanya beberapa orang saja, jadi anda tidak ketinggalan 5 waktu sholat, baik secara berjama'ah ataupun sendiri karena sudah disediakan fasilitas tempat Ibadah.

Desain Mushola pada Warung

Ruang terbuka juga diperindah dengan kolam yang sederhana sehingga membuat suasana gemricik air yang kedengaran seperti layaknya berada didekat air terjun ketika sore hari.  Anda juga dapat membuat kolam sederhana seperti yang ada di Warungnya pak lanjar yang disampingnya ada sebuah ayunan, bisa digunakan untuk anak kecil maupun orang dewasa yang ingin romantis bersama pasangan

Desain Kolam Pada Warung Makan pak lanjar

Bagi yang bawa pasangan dan anak kecil bisa diajak untuk main ayun-ayunan loh, sudah disediakan disamping kolam ikannya, bisa berudaan bersama pasangan ataupun bisa bersama anak anda ketika sedang main ke warung makan pak lanjar.

desain ayunan

Sementara itu, kami rombongan blogger jogja menunggu  datangnya menu makan siang yang kebanyakan mereka memesan menu andalan dari pak lanjar yaitu nasi goreng khas Hotel, yang kabarnya pak lanjar adalah salah satu orang yang pernah membuat menu masakan di Hotel hilton Internasional dan Hotel Santika dan sudah berpengalaman dalam membuat masakannya hingga puluhan tahun lamanya. Inilah ekspresi anak-anak blogger jogja yang sedang menunggu menu makan siangnya...

Makan With Blogger Jogja
Sementara yang lainnya sedang menunggu hingga semua menu sudah terhidang, beberapa orang sudah mulai makan menu masakan seperti sutopo, sutoro, arief, awank, riyan dan beberapa orang lainnya sementara saya sedang menunggu masakan dari pak lanjar, karena memang saya memesan menu yang berbeda dari mereka kebanyakan.

Blogger Food and Drink

Menu masakan jawa yang saya pesan adalah capcay goreng kuah kental atau oseng yang berisi sawi, bunga kol, telur dan beberapa sayuran lainnya jika diterangkan disini nampaknya kurang etis yah.  Namun, karena saya pesan menu masakan yang berbeda ini saya menunggu dalam waktu yang lama, disaat semua orang sudah menghabiskan sajian makananya. Pesanan saya baru saja diantar yang terakhir.  Untuk minumnya saya memesan jus alpukat untuk menambah stamina saya. Kalau nggak ada potonya hoax yah broo...
 Masakan Capcay Warung Pak Lanjar

bagaimanaa agan ngiller nggak nih ngelihatinnya, kalau saya sih nggak terlalu ngiler yah, karena sayakan juga bisa masak, karena isinya kurang lengkap nggak ada baksonya, hanya dicampur ayam sama dicampur telur, tapi yang recomendednya untuk anda pesan disini adalah menu spesialnya yaitu nasi goreng khas buatan pak lanjar.

Bagi anda sebagai pecinta kuliner, juga bisa mampir ke warungnya pak lanjar yang beralamatkan di

Warung Pak Lanjar

Desa Banteran, Donoharjo, Ngaglik, Sleman
Email :info@warungpaklanjar.com
Telp: 0274 883552
Ig: @warungpaklanja

 

field_categories: