Tamansari Tempat Wisata Jogja Tempo Doloe

Image: 
taman sari

Tamansari Jogja merupakan salah satu tempat wisata yang dimiliki kraton, dahulu kala tempat tersebut digunakan sebagai tempat pemandian raja-raja jogja terdahulu. Ane yang dari dulu beberapa kali tak terhitung jumlahnya melewati depan jalan wisata taman sari yang mengarah ke Alun-Alun kidul tidak menyangka kalau belum ke taman sari jogja anda belum mendapatkan budaya dan arsitektur bangunan-bangunan lama jogja. Wah, cukup senang sekali bisa masuk ke tempat yang tak bisa terbayangkan dengan kata-kata karena melihat gaya arsitektur eropa di Kota Yogyakarta.

Harga Tiket Taman sari jogja.jpeg

Taman sari yang berdiri pada abad ke 18 tersebut masih terlihat kokoh. Padahal bangunannya sudah didirikan pada masa pemerintahan sultan hamengkubuwono pertama hingga sekarang. Menurut cerita dulunya istana air taman sari ini digunkan sebagai pemandian raja, ratu dan dayang-dayang. Selain itu bangunan dengan gaya eropa ini tidak hanya menyugukan istana air saja melainkan juga terdapat bangunan lain seperti masjid bawah tanah, lorong bawah tanah, mid'ah tempat berwudhu, kolam dan lainnya. Menyusuri taman sari butuh tenaga dan fisik yang kuat karena area yang ada di taman sari sangatlah luas, apalagi jika anda membawa anak kecil seperti bayi tidak dapat menggunakan dorongan karena memang di ruang bawah tanahnya harus menapaki tangga-tangga kecil untuk masuk di dalamnya, beton bangunan nampak kokoh dan konon katanya orang-orang lorong tersebut bisa tembus sampai ke pantai selatan.

Mitos Taman Sari

Banyak orang yang bilang, jikalau di taman sari ada sebuah lorong sumur gumiling yang diajdikan tempat bertemunya ratu pantai selatan nyi roro kidul dengan sultan. Dan lorong tersebut konon katanya dapat tembus sampai dengan pantai selatan Yogyakarta. Karena memang di tempat sejarah ini sudah ada sejak jaman dahulu, kemungkinan terjadi adalah benar. Karena melihat beton yang sangat kokoh dibandingkan dengan beton jaman sekarang yang cepat rusak. Namun, sayangnya ketika kami membawa kamera ke dalam wisata taman sari hanya diperbolehkan untuk mengambil gambar foto-foto saja, karena memang untuk membawa kamera dikenakan izin pemotretan sebesar 5 ribu rupiah, dan kami tidak diperbolehkan untuk pengambilan video.

Kalau masuk ke taman sari anda harus jaga pikiran yang jelas, karena masuk ditempat wisata sejarah ini syarat dengan misteri dan mitos dan kita tidak boleh sembarang untuk bertindak sesuai kehendak hati ketika berada di tempat sejarah ini, bukan hanya di tempat ini, di tempat lain juga demikian. Banyak mitos dan misteri yang ada di sejumlah daerah yang belum dapat kita ketahui  sehingga kita harus benar-benar hati-hati  saat kita travelling kemanapun kita jelajah.

Taman Sari Review

Saya review dikit terkait taman sari yang saya kunjungi bersama keluarga. Di sore hari itu sebelum taman sari menjelang tutup sekitar jam setengah tigaan  masih banyak orang yang berkunjung ke taman sari ini, terlihat gang masuk menuju ke sebuah bangunan yang berada di dalam perkampungan. Namun, bangunan tersebut berbeda dengan lainnya. Bangunan megah nan kokoh yang didepannya tertluis tiket masuk nah disitulah saya bersama keluarga membayar tiket masuk per orangnya 5 ribuan. cukup murah dibandingkan ke beberapa wisata yang ada di jogja, sleman dan bantul. Masuk ke lorong bangunan dengan tangga yang dijaga oleh seorang wanita menggunakan pakaian gaya khas keraton. Terlihatlah kolam yang sangat luas berjejer dua buah, nampak seperti kolam renang. Setelah itu saya berjalan ke arah selatan masuk pada lorong kecil yang ada tangganya dan jendela yang sangat eksotis dan langsung melihat taman yang indah berada di seblah selatan dua buah kolam tersebut.dai situlah saya dan istri mengambil foto, sehabis mengabadikan moment yang istimewa tersebut saya keluar dari istana air menuju bangunan masjid bawah tanah yang berada di kawasan kampung wisata tersebut. keluar terus ambil lorong ke sebalah kanan menuju utara. dari lorong tersebut kemudian ambil ke timur sedikit akan nampak sebuah lorong menuju ke masjid bawah tanah. Dari situlah kami mengambil foto, karena jaraknya memang jauh dan harus memiliki fisik yang bagus apalagi kami membawa anak ya sudahlah kami tidak naik keatas tangga dengan bangunan yang tinggi, entah apa nama bangunan tersebut. Selepas itu kami lanjut pulang ke rumah.

 

Jam Buka Taman Sari

Karena kami kemarin datang sore hari, nah disitulah kami tahu kalau jam tutupnya sekitar jam 3 an untuk jam buka taman sari mulai dari jam 09.00 pagian sampai jam 3 an dari hari senin sampai dengan hari minggu.

Jam Buka: Senin s/d Minggu pukul 09.00- 03.00 WIB

Kategori Jam Buka
Senin s/d Minggu  pukul 09.00- 03.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Saya sungguh tak percaya jika htm taman sari jogja sebesar 5 ribu rupiah, lha wong parkir mobil saja di jogja sudah kena Rp. 10 ribu rupiah tapi kok wisata yang ramai pengunjung ini harganya murah ya.

Kategori Htm Taman sari
wisatawan lokal Rp. 5000,-

 

Alamat Taman Sari Jogja

Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Peta Lokasi Taman sari Jogja

 

field_categories: