Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2404 of /home/pengumum/topiknugroho.com/includes/menu.inc).

Tradisi Jogja, Pasar Malam Sekaten.

Image: 
sekaten

Topiknugroho.com- Awalnya ane tak berniat untuk pergi malam- sekitar jam 21.00. Karena pas lagi di jogja dan suntuk di rumah terus. Akhirnya ane keluar cari udara segar, kalau di jogja mah, malam hari tetep ramai, sangat  cocok untuk wisata malam hari, terlebih ada acara Sekaten sebagai salah satu tradisi jogja yang digelar setiap tahunnya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad.

Kelahiran nabi Muhammad jatu pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah dan diperingatilah sebagai tradisi Sekaten untuk warga dan masyarakat jogja dengan puncak sekaten yaitu grebeg Maulud yang juga dibuat gunungan atau hasil bumi pada masyarakat setempat dengan tumpeng yang besar dan dipercaya sebagai salah satu cara masyarakat utuk ngalap berkah.Padahal tidak weekend kok tetap saja yah, sekaten itu ramainya minta ampun. Untuk jalannya menuju ke stand-stand sangat berdesakan. Jumlah stand dan objek bermainnya juga banyak sekali. Mulai sampai pintu gerbang langsung banyak yang berjualan kuliner, apalagi itu yang namanya sate gurita itu jadi favorit mungkin di Pasar Sekaten Jogja.

Jogja ini makin lama, makin padat penduduknya terlebih mahasiswa yang juga berkeinginan untuk tinggal di jogja karena memang nyaman dan strategis, dibandingkan di luar pulau jawa, makanan semua mahal, tau tidak kalau di raja ampat itu harga nasi ayam 35 ribu dibandingkan di jogja masih mahal di raja ampat bro....Ane memang sering bolak balik raja ampat jogja, karena istri PNS di sana, jadi ane temanni dia nggak tega kalau harus dia di Papua sendiri. Nah, ini ane pas pulang lagi test CPNS siapa tahu lulus, ternyata ane nggak lulus di TKPnya doang. Tahun lalu sih ane TKP nilainya 149 lha kok sekarang nilainya 123 point. Yo weslah memang belum rejeki ya brooo..

tempat wisata sekaten @mbah.parmo.jpg

Kalau ente butuh refrensi tempat wisata jogja malam hari, ya di jogja tempatnya. ane aja pulang dari sekaten jam 23.30 malam. soalnya parkirannya dah mau tutup jam segitu, yo weslah dari pada nanti gerbang parkiran ditutup ane pulang dulu. Gara-garanya juga ngegalau ninggalin istri di Raja Ampat. Mau naik objek bermain lha kok nggak seru, kalau nggak ada temannya.banyak objek bermain lho broo, ane aja kepingin naik. Ada tong setan, atau motor keliling diatas kayu, ada ombak banyu, ada perahu, ada kuda-kudaan yang muter, ada kincir angin apa itu entah ane lupa namanya. Sek terpenting ane kemarin, cari makan doang disana.

Kalau ente mau kesana jangan lupa taruh barang bawaannya di depan ya, ntar kecopetan karena berdesak-desakan. Soalnya kalau ditempat ramai itu malah banyak copet yang berkeliaran dan ente harus hati-hati kalau ada copet lho ya...

Harga Tiket Masuk:

  1. Tiket Masuk: Free
  2. Tiket Parkir: 5000

Lokasi:

Alamat: Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Peta Alamat:

field_categories: