Mengenal Jenis Kopi Asli di Tirana Art House & Kitchen Yogyakarta.

Tirana Art House & Kitchen yang terletak di Jln. Suryodiningratan No 55 Yogyakarta tak hanya menyuguhkan kopi asli, melainkan juga mulai dari pameran kesenian, tempat workshop, lukis bersama, pameran regular dan masih banyak lagi . Kalian juga bisa belajar dari beberapa barista untuk meracik kopi. Banyak kisah yang ada dalam kopi, mulai dari mana kopi ini tumbuh, bagaimana cara memetiknya, bagaimana cara proses pembakarannya dengan metode apa kopi tersebut diracik, hingga banyak filosofi kopi yang selalu menark untuk dinikmati.
Pengunjung jika bernia untuk belajar aka disediakan wadah oleh Tirana Art House & Kitchen, Para barista akan memperkenakan 10 jenis koi organic dari seluruh Indonesia. Dengan metode-metode yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Ta k hanya menyediakan kopi original da organic dari seluruh Indonesia melainkan juga tersedia teh yang menemani anda yang diambil dari kulit kopi yang bernama the cascara. Ditemani makanan ringa gratis tanpa harus beli yaitu kacang panggang. Sambil nongkrong di tempat yang nyaman bagi seorang yang cinta akan kesenian dapat menikmati karya-karya seni yang juga dijual di Art House And Kitchen. Adapun jenis-jenis kopi origin yang ditawarka oleh Art House and Kitchen adalah sebagai berikut:
Arabika Bali Kintamani
Sebaga pecinta kopi, apakah anda sudah pernah merasakan Kopi Bali? Nah, di Tirana Art House and Kicthen tersedia kopi khas bali kintamani yang diambil dari dataran tinggi bali diatas 900 mdpl yang berada di lereng gunung Batur denga jenis tana regusol dengan kawasan yang memiliki udara yang dingin dan kering. Kopi yang memiliki cita rasa yang tinggi.
Arabika Toraja
Kopi Toraja lahir di daerah Sulawesi selatan yang memiliki cita rasa yang tinggi, pohon kopi yang tumbuh di lereng gunung denga ketinggian 1400-2100 mdpl memiliki body yag full, keasaman ringan yan segar seperti apel hijau , anggur atapun strawberry.
Arabika Arjuno
Mengapa disebut dengan Kopi Arjuno, Kopi yang berada di lereng Gunung Arjuno, Malang ini tumbuh di ketinggian 1200-1300 mdpl denga proses pembuatan yang menarik sehingga mencipatkan rasa sedikit asam, fruty dan sedikit nutty
Arabika Flores
Tida hanya kopi di Sulawesi saja yang disuguhkan di Tirana Art House and Kitchen melainkan kopi yang diambil dari Flores dengan tanaman yag tumbuh di datara tinggi antara 1000-1550 mdpl ini memiliki tekstur yang berbeda dengan yang lain karena memang tumbuh di dataran tinggi dengan suhu udara rata-rata antara 15-22225 drajad celcius. Sehingga menghaslkan kopi yang bernuansa bunga, ena da kuar serta keasaman yag sedang serta ada kesan manis di dalamnya.
Arabika Ijen
Nah, yang satu lagi ada kopi Arabika Ijen yag diambil dari Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin Bondowoso, tanaman kopi tersebut tumbuh di ketinggian 900 sampai dengan 1500 mdpl.
Arabika Papua
Tanaman yang tumbuh di ketinggian 1400-2000 mdpl ini tumbuh di daerah tinggi Papua, yang berada di lembah Baliem.
Arabika Aceh
Tanaman kopi yang banyak tumbuh di daerah gunung Gerdong tersebut berada di daerah pada ketinggian 1300-1500 mdpl. Sehingga membuat kopi aceh sagat dinikmati oleh pecinta dan penikma kopi.
Robusta Temanggung
Kopi Temaggung terkenal dengan Robustanya, tumbuh subur di daerah Gunung Sumbing Sindoro ini tumbuh di ketinggian 800 mdpl dan memiliki suhu 21-24 drajda celcius. Dengan rasa coklat dan memiliki bau yang khas.
Robusta Dampit
Di gunung semeru juga terdapat tanama kopi yang berada di kecamatan Dampit pada ketinggian 900 mdpl, kopi ini dikenal dengan nama Robusta Dampit yang umumnya prosesnya menggunakan dry proses.


Frutten Cake coba rotinya di @tiranakitchen buat nongkrong....

A post shared by Topik N, M.Pd. (@opickaza) on


Dan itulah beberapa kopi yang tersaji secara alami yang dibuat oleh barista yang ada di Tirana Art House and Kithen. Dan selain pembuatan asli dan kopi origin yang ada di Tirana anda bias melihat-lihat produk-produk seni yang baru saja dipamerkan oleh seorang seniman individu dengan menyajikan beberapa produk antara lain:
-Lukisan Kaca
- Recycle Bottle
- Tas dari bahan karung goni
- Tekstil Baik Tulis
- Syal Rajut Handmade
- Aksesoris dari kain batik perca
- Sabun rama lingkungan
- buku-buku seni rupa dan aneka produk kesenian lainnya.
Pasti anda sebagai penikma kopi, tentu ingin mencicipi macam-maca jenis kopi original dari seluruh Indonesia yang dapat anda rasakan hanya di Tirana Art House and Kitchen.
field_categories: