Nasi Goreng Kecombrang Pedas Spesial Kedai Nyah Tan li Kasongan Jogja

Kedai Nyah Tanli

topiknugroho.comlangit mendung menyelimuti awan diatas angin, suasana dingin terasa menuju sampai ke tulang, saya izin untuk mengikuti acara jadwal buka puasa bersama yang diadakan oleh sebuah kedai yang berada di daerah kasongan yang bernama Kedai Nyah Tan li. Salah satu tempat strategis yang berada di kota Yogyakarta yang menawarkan banyak kerajinan seni dan pahatan indah yang terbuat dari Kayu. Awalnya memang saya ingin mengajak istri untuk berkunjung ke Kedai Nyah Tanli dengan kuota yang ditawarkan sejumlah 30 orang, karena memang kuota sudah penuh, dan registrasi satu orang hanya untuk orang satu dan tidak boleh membawa istri ataupun saudara, dengan keadaan yang membingungkan tersebut saya berangkat menuju ke Kedai Nyah Tan li dari Ngestiharjo ke Kasongan, kasihan, Bantul

Pemandangan kanan kiri menuju kedai nyah tanli yang tak biasa, bangunan-bangunan yang menjual banyak kerajinan Gerabah dari berbagai macam seni dan bentuknya, Kasongan adalah salah satu lokasi wisata jogja yang perlu anda kunjungi ketika berada di Jogjakarta, Tak salah pemilik Kedai tersebut juga menjual berbagai kesenian gerabah disamping kedainya. Awalnya memang si pemilik kedai belum memiliki konsep untuk membangun kedai yang bernuansa alami. Karena banyak tamu yang datang ke rumah si pemilik kedai untuk melihat berbagai kesenian yang ditawarkan di kasongan, mereka sempat bingung ketika ingin mencari makan di sekitaran kasongan. Karena si pemilik suka dengan makanan yang berrasa pedas, mereka berinisiatif membangun sebuah kedai yang memiliki nuansa indah di tepi kali.

Namanyapun mudah diingat Tan Li, dimana kata tersebut diambil dari kata Wetan dan Kali yang digabung menjadi Tanli atau wetan kali, diambil dari bahasa jawa yang berarti timur sungai. Sungai yang dimaksud adalah sungai mbedok. Sungai yang melintasi dari Arah utara Gamping Sleman sampai Kasongan, kasihan, Bantul. Makanan yang tersaji di Kedai Nyah Tan li tersebut bergaya khas pedas Bali dan Lombok. Menu favorit yang dihidangkan di Kedai Nyah Tan li adalah Nasi Pedas yang dibungkus segitiga dan Nasi Goreng Pedas, bagi pecinta pedas ini benar-benar rekomended bagi kalian ya.

Adapun menu yang tersedia banyak pilihannya Mulai dari Nasi Ayam rica-rica, nasi capcay, nasi telur, bakmi goreng dan kuah, brongkos dan masih banyak menu lainnya. Untuk masakan khas jawa memang rasanya mirip dengan di restoran lainnya, namun anda harus coba menu favoritnya yaitu nasi pedas yang beuh bukan main pedasnya hingga air keringat anda membasahi hingga menganak sungai. Pak Timbul sebagai pemilik kedai tersebut menjelaskan dengan sangat jelas, bagaimana awal mula sejarah berdirinya Kedai Nyah Tanli yang sudah berdiri sejak 2013 yang lalu dan hingga kini sudah 3 tahun berdiri. Sampai akhirya waktu buka telah tiba, kami disuguhkan menu favoritnya yaitu nasi pedas yang berbetuk segitiga, karena perut saya tidak mendukung masakan pedas, saya ingin mencicipi menu lainnya yang tidak menjadi favorit di kedai tersebut.

Saya memesan menu minuman jus tape dengan makanan khas Jogja yaitu Brongkos, sembari menunggu datangnya nasi, saya sembari mencicipi menu hidangan pembuka yaitu gorengan tempe, sampai habis beberapa gorengan. Beneran enak abis gorengannya terasa mak kriuk di lidah, tidak seperti kita menggoreng tempe di rumah. Setelah menikmatinya dan tenggorokan sudah dibasahi oleh setengah gelas jus tape, lalu hidangan brongkos tersaji di depan meja saya, rasanyapun tak sepedas khas masakan di Kedai Nyah Tanli.


Habis menyelesaikan makan berbuka puasa, saya dan teman melanjutkan sholat magrib, karena tidak hanya kedainya saja yang tersedia namun, anda juga dapat beribadah tanpa harus mencari tempat ibadah tersebut karena tidak semua cafe dan kedai di Jogja dilengkapi dengan tempat Ibadah. Lalu kami kembali ke Kedai Nyah Tanli untuk mendengarkan sedikit pengumuman untuk Lomba Foto yang harus diupload ke Instagram. beberapa teman kami mendapatkan bingkisan hadiah untuk dibawa pulang yang berupa kerajinan gerabah dari kasongan.

Nah, bagi anda pecinta masakan pedas, Kedai Nyah Tan li ini rekomded loh bagi kalian, sambil menikmati menu masakan pedas anda dapat sambil Ngadem di tepian sungai Mbedog.

field_categories: