Gudeg Pawon Sensasi Menu Masakan Di Dapurnya Langsung

gudeg pawon

Topiknugroho.com - Semakin penasarannya dengan gudeg pawon membuat saya ingin sekali mencicipinya. Saya memang pecinta gudeg tapi tak sepenuhnya cinta amat, kemarin malam rela antri sampai setengah jam untuk merasakan nikmatnya Gudeg pawon. Gudeg pawon ini terletak di Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164. Gudeg yang buka jam 22.00 sampai jam 24.00 s sudah diserbu para penikmat gudeg. Saat datang ke Gudeg tersebut langsung bertanya di depan krumunan orang ngantri gudeg. Ternyata benar antrinya panjang padahal saya datangnya pada pukul 21.30.

Sempat ngobrol sama mas-mas di depan saya, sering makan disini tidak mas? ndak, ini baru pertama kalinya ngerasain gudeg pawon, soalnya penasaran sama gudegnya. Masnya tahu dari mana tempat ini? Dari google Mas, tiba-tiba tanpa sadar ada dibelakang saya bilang ada artis. Saya nggak ngeh mana artisnya. Owww ternyata tadi mas-mas yang tanya saya pacarnya artis FTV. Kirain mana artisnya sampai rela antri gudeg pawon. Saya nggak tahu, siapa nama artis yang dimaksud, soalnya nggak ngeh juga namanya siapa. Masnya pacar artis tersebut tahu gudeg pawon dari temannya yang di jogja katanya sih rekomended.


Jam bukanya belum terlalu malam... Tapi antrinya sampai setengah jam....

A post shared by Topik N, M.Pd. (@opickaza) on

Kita berbincang-bincang sedikit terkait gudeg, ternyata kalau orang jakarta itu nggak tahu apa arti pawon. Pawon ini maksudnya dapur atau tempat memasak untuk orang jawa. Tapi tempat masaknya orang jawa ini beda dengan orang kota. Kalau orang kota masak menggunakan kompor gas kalau orang jwa biasa memasak deng tungku atau kayu sehingga menghasilkan masakan yang berbeda.


Ternyata khas pawon asli..... #jogjafoody #jogjafood

A post shared by Topik N, M.Pd. (@opickaza) on

Saat tiba didepan rumahnya langsung saya melihat tungku atau pawon sebagai dapurnya gudeg. Inilah yang membuat sensasi langsung kalau gudeg pawon ini, beli langsung di dapurnya. Tidak seperti tempat makan lainnya yang menyajikan gudegnya di etalase-etalase menu.

Bagaimana Rasa Gudeg Pawon?

Ras gudeg pawon memang berbeda dengan rasanya yang konon katanya masakan gudeg itu manis. Tapi memang betul jika rasa gudeg pawon ini tidak manis melainkan gurih dan asinnya pas seperti gudeg jongkok tengah malam. Namun, saya lebih suka dengan rasa yang gurih asih dan manisnya yang pas seperti gudeg tengah malam yang pernah saya ulas. Memang kalau rasa ini setiap orang memiliki indra perasa sendiri-sendiri, tergantung orang yang merasakanya sih. Kalau menurut saya gudeg pawon ini memang enak akan tetapi untuk daging ayamnya, bumbu kurang merasuk sampai tulang-tulangnya. Soalnya saya punya teman kalau pesan ke gudeg jongkok biasa malah pilih tulang, karena memang bumbunya merasuk. Untuk kreceknya juga kurang sedikit pedas. Karena memang saya suka pedas. Jadi ada banyak hal yang bisa anda rasakan karena setiap perasa itu berbeda beda.

Berapa Harga Gudeg Pawon?

Nah, ketika saya ngobrol sama mas yang antri di belakang saya, katanya ia sudah tiga kali ke Gudeg Pawon dan itu yang keempat kalinya karena istrinya ngidam untuk dibelikan gudeg pawon tersebut. Ia juga sempat mengatakan kalau Gudeg Sagan lebih enak dari gudeg pawon. Tanda tanya besar buat saya, Ohh berarti banyak yang membuat rasa gudeg dengan rasa asin, gurih dan manisnya yang pas di lidah. tapi apakah nanti rasanya gudeg di Sagan juga seperti gudeg jongkok langganan saya yang Notabene Daging Ayamnnya ini dibuat Khas Ingkung dengan perebusan di tungku yang lama sehingga rasa bumbunya merasuk. Kita coba nanti hehehehe.....

Entah siapa namnya namun, ia sudah tiga kali ke gudeg pawon. Ia ingin membungkusnya dan makan di rumah. Tapi katanya gudeg itu lebih enak makan ditempatnya langsung karena ada sensasi yang berbeda. Kalau dibungkus langsung, bayar ditempat akan tetapi bagi yang mau makan dahulu silahkan di makan baru nanti dibayar setelah makan. Untuk harganya sekarang Rp.25.000,- Harga gudeg pawon ini lebih mahal dari gudeg biasa yang ada di emperan atau gudeg jongkok tengah malam. Biasanya gudeg itu seharga 15 ribu atau 20 ribu. Dan untuk air minumnya harga standard karena saya minum dengan es jeruk dengan harga Rp. 3000,-

Jika kamu penasaran akan nikmatnya gudeg silahkan ke gudeg pawon untuk merasakan nikmatnya gudeg sensasi masakan dari dapurnya langsung. Silahkan dinikmati ya....

field_categories: