Mengexplore Museum Gunung Merapi Bersama Dinas Pariwisata Sleman

Topiknugroho.com kali ini diajak oleh Blogger Jogja untuk Kongkow bareng di Museum Gunung Merapi bersama dinas pariwisata kota Sleman yang mengadakan acara blogger gathering di museum gunung merapi . Acara tersebut diselenggarakan atas dasar mempromosikan beberapa tempat wisata di Sleman.  Dalam kesempatan kali ini kami diajak untuk mengexplore wisata kaliurang yang bertepatan di museum gunung merapi sebagai tempat pertemuannya. Acara dimulai pada pukul 09.00 kami bergegas dari rumah masing-masing untuk bertemu di tempat acara.

Saya sebagai salah seorang blogger yang dekat dari Museum Gunung Merapi, merasa sangat bahagia, karena berangkat dari tempat tinggal jam 09 kurang 10 menit, sesampai di depan Gerbang Museumpun tukang parkir juga tidak mengetahui kalau ada acara blogger tersebut. Tukang parkir tersebut memberikan tiket karcis masuknya di depan pintu gerbang tapi saya berulang kali menyebutkan ada acara di dalam museum, trus saya mau tanyakan dulu. Namun, beda halnya dengan satpam yang berada di depan tempat pembelian tiket museum gunung merapi, mereka mengetahui jika akan ada acara dinas pariwisata, mereka juga menunjukkan dimana akan dilaksanakan pertemuan tersebut.


Saya bergegas menuju ke belakang gedung museum gunung merapi, sebagai salah satu tempat pertemuannya. Tepat pukul 09.30 acara explore gunung merapi dimulai, sambutan dari dinas pariwisata bapak warsito memberikan beberapa pra kata terkait dengan sejarah berdirinya museum gunung merapi dan mengapa mereka menggadeng kepada para blogger ? sambutan demi sambutan kami dengarkan setelah itu kami diajak untuk mulai mengexplore museum gunung merapi.

Kami mulai bergegas menuju tempat wisata gunung merapi tersebut, dan beberapa orang masih penasaran dengan isi museum gunung merapi? karena ada yang belum pernah sama sekali sesekali mampir ke kaliurang, seperti penuturan kawannya mas iwan restiono yang baru pertama kali ke kaliurang sampai ia nyasar sampai ke jalan telaga putri. Kami disambut baik oleh beberapa satpam di pintu masuk museum gunung merapi. Tanpa harus bayar tiket dahulu kami langsung dibawa masuk ke museum yang dipandu oleh mbak ayu salah seorang pemandu wisata museum merapi.

Kami disuguhkan oleh bentuk miniatur museum gunung merapi yang besar berwarna hijau, ia menjelaskan secara detail, kapan dibangunnya museum merapi dan dibuka secara resmi untuk umum dan sejarah perkembangan gunung merapi dari tahun ke tahun, kita juga diperlihatkan bagaimana prosesi pembangunan gunung merapi tersebut. Sebelum memasukki isi museum merapi kami dipandu untuk masuk ke lantai dua untuk melihat bagaimana gunung merapi tersebut mengeluarkan lava pijar dan bagaimana para ahli mengidentifikasi bahwa gunung merapi akan segera meletus dan merekapun menaikkan setatusnya dari awas menjadi waspada. Dari tayangan LCD tersebut juga memberikan beberapa edukasi untuk para warga dan masyarakat Jogja untuk berhati-hati karena dibalik keindahan gunung merapi tersebut menyimpan ratusan materi vulkanik yang setiap saat dapat mengancam masyarakat.

Kita disuguhi tayangan yang begitu menarik, dari letusan pertama sampai terakhir pada tahun 2010 yang lalu. Seperti yang saya ketahui, bahwa tayangan tersebut atas kerjasama BPPTKG dalam pembuatan video yang berdurasi hampir 29 menit. Dengan pengunjung tiap harinya mencapai 2500 orang apalagi pas hari libur weekenda antara sabtu dan minggu sehingga tidak semua pengunjung  dapat kebagian tayangan merapi dari waktu ke waktu. Setelah tayangan merapi dari waktu ke waktu sudah habis dan kuota kursinya hanya 100 jadi kami semua kebagian tempat duduk, setelah itu kami diajak untuk meihat isi museum gunung merapi yang terdiri atas beberapa gambar dan peninggalan bebatuan dari tahun ke tahun.

Mau Tahu Isi Museum Gunung Merapi? isi museum merapi 

Beberapa hal yang ditingalkan dan barang yang tidak terpakai lagi juga tersedia di museum gunung merapi, seperti  peralatan dapur, motor rusak, komputer yang digunakan pada waktu itu dan masih banyak lagi barang-barang yang ada di Museum Merapi yang telah menjadi museum. Kami diajak mengelilingi museum merapi di lantai bawah. Wisata museum merapi ini menjadi salah satu wisata edukatif yang harus anda kunjungi sekarang. Setelah kami selesai ekspolrasi museum gunung merapi, inilah yang kami tunggu-tunggu yaitu makan siang dan pembagian hadiah voucher wisata. Alhamdulilah saya beruntung sekali mendapatkan Voucher Jogja Bay menjadi salah satu pemenang life tweet kedua, Nah nantikan artikel jalan2 kembali ketika sudah selesai bermain-main di Jogja Bay yah bro...


Nah, Bagi anda yang ingin mengetahui secara mendalam, apa saja sih isi dari museum gunung merapi tersebut? bisa anda datang langsung ke alamat dibawah ini yah broo.

field_categories: